Ad Code

Responsive Advertisement

PENGELOLAHAN DAN PENGENDALIAN TANAMAN GULMA PADA PERKEBUNAN CENGKEH

Jejak Online - Kemampuan tanaman bersaing dengan gulma ditentukan oleh spesies gulma, kepadatan gulma, saat dan lama persaingan, cara budidaya dan varietas yang ditanam, serta tingkat kesuburan tanah. Perbedaan spesies akan menentukan kemampuan bersaing karena perbedaan sistem fotosintesis, kondisi perakaran dan keadaan morfologinya. Spesies gulma yang tumbuh cepat, berhabitat besar, dan memiliki metabolisme efisien akan menjadi gulma berbahaya bagi tanaman cengkeh. Persaingan gulma pada awal pertumbuhan akan mengurangi kuantitas hasil, sedangkan persaingan dan gangguan gulma menjelang panen berpengaruh besar terhadap kualitas hasil dari tanaman cengkeh. Perbedaan cara penanaman, laju pertumbuhan dan umur varietas yang ditanam, dan tingkat ketersediaan unsur hara juga akan menentukan besarnya persaingan gulma dan tanaman utama yaitu cengkeh. 

Pengendalian gulma yang dilakukan oleh petani cengkeh adalah dengan cara, pengendalian secara mekanis dan tradisional yaitu, usaha menekan pertumbuhan gulma dengan cara merusak bagian-bagian gulma sehingga gulma tersebut mati atau pertumbuhannya terhambat. Memasuki era globalisasi dan perdagangan bebas serta pemberlakuan otonomi daerah, setiap daerah dituntut untuk menggali dan memanfaatkan potensi wilayahnya secara optimal.

Suatu agroekosistem yang keanekaragamannya tinggi akan memberi jaminan yang lebih tinggi bagi petani cengkeh. Namun, keanekaragaman tidak selalu mengakibatkan kestabilan, bahkandapat menyebabkan ketidakstabilan jika komponen-komponennya tidak dipilih dengan baik, misalnya beberapa jenis pohon merupakan inang hama atau penyakit berbahaya bagi tanaman cengkeh sebagai tanaman utama atau pohon bisa bersaing dalam ketenagakerjaan, unsur hara dan air. Jika keanekaragaman fungsional bisa dicapai dengan mengkombinasikan spesies tanaman pengganggu atau gulma, yang memiliki sifat saling melengkapi dan berhubungan dalam interaksi sinergetik dan positif, maka bukan hanya kestabilan yang dapat diperbaiki, namun juga produktivitas sistem pertanian dengan input yang lebih rendah.

Komponen agroekosistem juga bisa sinergi dalam fungsinya, misalnya barisan tumbuhan gulma pada garis luar suatu bidang lahan yang mengkonservasi air dan tanah serta memproduksi pakan ternak dan bahan pangan, pagar tanaman di sekitar lahan untuk melindungi dari serangan hewan atau angin sekaligus sebagai penghasil bahan bakar, pangan, pakan hewan atau obat-obatan bagi petani cengkeh. Pemanfaatan keanekaragaman fungsional sampai pada tingkat yang maksimal mengakibatkan sistem pertanian yang kompleks dan terpadu yang menggunakan sumberdaya dan input yang ada secara optimal. Tantangannya adalah menemukan kombinasi tanaman gulma, dan input yang mengarah pada produktivitas tanaman cengkeh yang tinggi, keamanan produksi serta konservasi sumberdaya yang relatif sesuai dengan keterbatasan lahan, tenaga kerja dan modal yang dimiliki oleh petani di Desa.

Perkembangan pertanian dewasa ini menunjukkan kemajuan yang semakin pesat. Namun bersamaan dengan itu banyak segi yang secara langsung ataupun tak langsung dapat memacu pertumbuhan gulma, seperti penanaman dalam baris, dan jarak tanam yang lebar. Berarti dengan meningkatnya intensifikasi pertanian maka masalah gulma tidaklah semakin ringan, tetapi justru semakin berat. Keadaan suhu yang relatif, cahaya matahari melimpah, dan curah hujan yang cukup di daerah tropik, juga mendorong gulma untuk tumbuh subur. Akibatnya gulma menjadi masalah dalam budidaya di daerah. Gulma cenderung didefinisikan sebagai tumbuhan yang peranan, potensi dan hakikat kehadirannya belum sepenuhnya diketahui. Sementara itu menurut kenyataan alaminya, relung gulma tidak hanya relung ruang, relung tropik (sumber daya yang diperlukan dan dampak yang dihasilkan), serta relung multidimensional (pengaruhnya terhadap suhu, pH, kelembaban dan sebagainya), tetapi juga relung genetik (perananya sebagai sumber daya genetik). Gulma diklasifikasikan berdasarkan karakteristik reproduksi, bentuk kehidupan, botani dan lain-lain. Dalam prakteknya terutama untuk kepentingan pengelolaan vegetasi maka klasifikasi botani biasannya digunakan.

Menurut klasifikasi ini gulma dibedakan menjadi rumput, teki, dan gulma daun lebar. Berdasarkan bentuk masa pertumbuhan terdiri atas gulma berkayu, gulma air, gulma perambat termasuk epiphytes dan parasit. Ditinjau dari siklus hidupnya dikenal sebagai gulma semusim, dua musim, dan tahunan. Beberapa jenis gulma mungkin termasuk kombinasi dari karakteristik-karakteristik tersebut. Pertumbuhan gulma dan luas penyebaranya di suatu daerah sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan tempat tumbuh, praktek-praktek bercocok tanam dan juga jenis tanaman perkebunan yang ada.

Faktor- faktor lingkungan seperti jenis dan tingkat kesuburan tanah, ketinggian tempat, keadaan air tanah semuanya merupakan faktor –faktor yang sangat penting dan berperan serta dalam membatasi pertumbuhan dan penyebaran gulma. Komunitas gulma berbeda- beda dari satu tempat ke tempat yang lainnya baik pada jenis pertanaman yang sama maupun yang berbeda. Faktor-faktor yang mempengaruhi sangatlah kompleks dan tidaklah mudah untuk dijelaskan satu persatu. Meskipun demikian, pada umumnya jenis-jenis gulma ini akan beradaptasi pada keadaan lingkungan yang sesuai bagi pertumbuhannya.Keberadaannya pada suatu jenis pertanaman dapat merupakan indikasi adaptasi dan dominasinya di tempat ini akan sangat bergantung pada kondisi lingkungan yang mikro seperti unsur unsur hara yang ada, kelembaban, dan lain-lain. Pada umumnya, jenis-jenis tanaman pertanian semusim akan didominasi oleh jenis-jenis gulma semusim, sedangkaan pada tanaman perkebunan seperti cengkeh yang pada umumnya menahun, jenis-jenis gulma yang mendominasi daerah ini biasanya adalah jenis-jenis gulma yang menahun pula.

Keberadaan gulma pada areal pertanaman budidaya dapat menimbulkan kerugian baik dari segi kuantitas maupun kualitas produksi. Kerugian yang ditimbulkan oleh gulma diantaranya penurunan hasil pertanian akibat persaingan atau kompetisi dalam perolehan sumber daya (air, udara, unsur hara, dan ruang hidup), menjadi inang hama dan penyakit, dapat menyebabkan tanaman keracunan akibat senyawa racun yang dimiliki gulma (alelopati), menyulitkan pekerjaan lapangan dan dalam pengolahan hasil serta dapat merusak atau menghambat penggunaan alat pertanian. Kerugian – kerugian tersebut merupakan alasan kuat mengapa gulma harus dikendalikan.

Jenis Gulma pada Areal Pertanaman Cengkeh

Tumbuhan yang berpotensi sebagai gulma cenderung mempunyai ciri khas tertentu yang memungkinkannya untuk mudah tersebar luas dan mampu menimbulkan gangguan dan kerugian. Ciri khas daripada gulma antara lain: pertumbuhannya cepat, mempunyai daya saing yang kuat dalam memperebutkan faktor-faktor kebutuhan hidupnya, mempunyai toleransi yang besar terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem, mempunyai daya berkembang biak yang besar secara vegetatif dan atau generatif, alat perkembangbiakannya mudah tersebar melalui angin, air, maupun binatang, dan bijinya mempunyai sifat dormansi yang memungkinkannya untuk bertahan hidup dalam kondisi yang kurang menguntungkan.

Jenis gulma yang ditemukan di areal pertanaman berdasarkan ciri-ciri tersebut adalah Cilorosus aridus (Don) cing (pakis kadal), Hysantes antipoda merr (sawi hutan), Imperata cylindrica L (alang-alang), Stachytarpheta jamaicensis (kakurang), Cyperus iria L. (piso-piso), Chromolaena odorata (L) (sungga-sunga), Eugenia aromatica (anakan cengkeh), Paspalum conjugatum berg (rumput pahit), Leptochloa chinensis (padi-padian), Melastoma malabathricum (babiroro), Eleusine indica (rumput kuda-kuda).

Post a Comment

1 Comments

  1. ANDA PASTI MENANG ...!!

    Sering kalah bermain poker dan domino di poker online lain ?
    coba dulu bermain di Agen Poker AlamPoker ini , kamu akan merasakan sensasi nya menjadi jutawan setiap hari nya.
    dengan jackpot ratusan juta rupiah, anda juga dapat menikmati 6 permainan sekaligus dalam 1 games. proses deposit dan withdrawl hanya 5 menit... jangan lupa juga bahwa anda bukan hanya bermain, tapi anda akan

    Untung dengan super bonus AlamPoker
    Bonus deposit new member *
    Bonus Referral hingga 10%
    Bonus Rollingan Hingga 0.5%
    Promo hadiah menarik lainnya...
    Tunggu apalagi ...? katanya jago main poker dan domino ... ?

    Ayoooo gabung di AlamPoker.com rasakan sensasi nya menjadi bandar poker dan domino.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di www.AlamPoker.com atau melalui android kami.
    * BBM : 224C6C79
    * LINE : ALAMPOKER
    * PHONE/SMS : +85589972651
    * YM : ALAMPOKER1

    ReplyDelete

Close Menu